Budidaya Ikan Dalam Ember (BUDIKDAMBER) Jadi Penggiat Anggota Pramuka Di Masa Pandemi

Teknik budidaya ikan dalam ember (Budikdamber) menjadi salah satu trend saat ini. Pasalnya teknmik ini sangat mudah sekali untuk menanam tanaman sayuran (kangkung, sawi, genjer, bayam, dan lain-lain) serta ternak lele di dalam wadah ember. Selain, teknik ini juga tidak membutuhkan lahan yang luas, jadi cocok untuk diterapkan oleh rumah-rumah yang tidak memiliki lahan.

Nah, Anggota Pramuka SMKN 1 Bondowoso mempraktekan bagaimana cara budidaya ikan lele dalam ember dengan benar serta bahan-bahan apa saja yang perlu dpersiapkan.

Pertama, ikan yang cocok diternak dengan teknik budikdamber adalah ikan lele, patin, sepat, betok, gabus dan gurame. Kedua, Sedangkan tanaman yang bisa ditanam juga tergantung dari jenis media yang digunakan. Apabila menggunakan media arang, jenis tanaman yang bisa dibudidayakan di antaranya adalah kangkung, genjer, dan bayam Brazil. Sementara apabila menggunakan media rancangan, yakni media AKT (arang, kain, tanah) menurutnya semua jenis tanaman bisa dibudidayakan.

Nah, jika kakak-kakak mau beternak lele dan tanaman kangkung. Ada beberapa bahan yang perlu dipersiapkan serta langkah-langkah yang harus kakak laksanakan. Sudah banyak di media yang menjelaskan tutorial tentang budikdamber. Nah, foto di atas adalah salah satu contoh persiapan bahan seperti penggunaan serbuk kelapa dan pembibitan tanaman kangkung sebelum di pasang di dalam ember yang dilakulan oleh kakak-kakak Dewan Ambalan.

Selamat mencoba

++++++

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *